SMA Kosgoro Kota Bogor pada awal berdirinya telah dijadikan Pilot Project sebagai sekolah percontohan dibidang pendidikan di lingkungan Kosgoro, dalam perkembangannya termasuk sekolah swasta yang diunggulkan di Kota Bogor dan sejak awal berdirinya telah menunjukkan prestasi yang dapat dibanggakan baik dalam bidang akademis maupun non akademis.


SMA Kosgoro adalah salah satu sekolah swasta unggulan di Kota Bogor. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu keluaran atau ketamatan telah mempunyai program khusus guna mencapai tujuan yang diinginkan berdasarkan visi dan misi yang dikembangkan di sekolah ini. Adapun Visi dan Misi SMA Kosgoro Bogor adalah :

" Menjadi SMA Swasta terdepan di Kota Bogor dan Unggul di Tingkat Nasional "

Top Panel

Cikal Bakal SMA Kosgoro

Berdirinya SMA  Kosgoro Kota Bogor diawali dengan berdirinya sebuah yayasan yang disebut Yayasan Dharma Setia KOSGORO (YDSK). YDSK terbentuk sebagai produk dari  pelaksanaan program Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) KOSGORO Kota Bogor periode 1986-1991.

SMA Kosgoro Saat Ini

Sejak awal pendiriannya pada tahun 1988, SMA Kosgoro Bogor telah memposisikan diri sebagai sekolah swasta dengan ciri Berwawasan Kebangsaan dan Keunggulan Teknologi, dengan  visi : "Menjadi SMA Swasta Terdepan di Kota Bogor dan Unggul di Tingkat Nasional".

Sarana Pengembangan Teknologi

Berdasarkan pengalaman selama 20 tahun, kini telah dikembangkan berbagai program-program yang sangat bermanfaat bagi siswa, laboratorium komputer dengan jaringan LAN, laboratorium multimedia, internet dan pendalaman bahasa Inggris.

Meraih Prestasi

Siswa dan siswi SMA Kota Bogor pada setiap tahunnya selalu memperoleh penghargaan dan mencetak prestasi bidang akademik maupun non akademik. Hal ini merupakan hasil nyata program pendidikan yang diterapkan dan pengembangan sarana yang memadai.

Wawasan Kebangsaan

SMA Kosgoro Bogor merupakan sekolah yang berwawasan kebangsaan sebagai wadah pembentukan generasi muda yang mempunyai semangat cinta tanah air, bersikap disiplin, semangat wawasan kebangsaan dan motivasi tinggi dalam belajar dan bersosialisasi.

SMA KOSGORO Terakreditasi "A"

Hasil pelaksanaan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah tahun 2010, seperti halnya pada tahun 2006 SMA Kosgoro Bogor kembali mendapat akreditasi "A" dengan nilai 97.04. Hal ini menunjukan konsistensi SMA Kosgoro Bogor dalam pendidikan masih layak dan mampu memenuhi standar mutu pendidikan di Indonesia.

PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X

PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X 

sosiologiKasus Mujianto, jagal manusia dari Nganjuk, Jawa Timur tampaknya tidak hanya menjadi berita di media massa,  namun menjadi kajian diskusi siswa SMA Kosgoro. Melalui kajian sosiologi penyimpangan sosial, siswa kelas 10-1  mendiskusikan penyebab munculnya kasus Mujianto.

Bertempat di ruang multimedia SMA Kosgoro, Adharini bersama Agung Pratama, Nugrahanti mencoba memaparkan kasus pembunuhan berantai di Nganjuk, Jawa Timur. Dalam pemaparannya mereka bertiga memulai menceritakan kasus Mujianto tersebut. Seperti diberitakan di media massa bahwa Mujianto merupakan tersangka pelaku pembunuhan berantai. Pelaku melakukan aksinya dengan cara meracun para korban dengan racun tikus.

Menurut Adharini, perilaku Mujianto tergolong perilaku menyimpang. Hal tersebut didasarkan pada tingkat norma yang berlaku di masyarakat kita. Selain itu berdasar sumber informasi dari media, Mujianto adalah penyuka sesama jenis, maka hal tersebut mengidikasikan adanya beberapa faktor yang mesti dilihat dari penyimpangan sosial yang dilakukan oleh pelaku. Adanya perilaku menyimpang, suka sesama jenis tersebut menyebabkan munculnya kasus pembunuhan berantai tersebut.

Sementara itu Agung Pratama menambahkan bahwa ditinjau secara sosiologis perilaku menyimpang yang dikalukan Mujianto disebabkan beberapa hal antara lain sikap mental yang tidak  sehat, ketidakharmonisan keluarga, pelampiasan kekecewaan, dorongan kebutuhan ekonomi, sub kebudayaan menyimpang, kegagalan dalam proses sosialisasi (sosialisasi tidak sempurna), dan tentunya kurangnya pendidikan agama dalam keluarga. Sedangkan Nugrahanti menjelaskan dampak adanya perilaku menyimpang tersebut, yaitu dikenakannya saksi sosial bahkan sanksi hukum pada pelaku, dikucilkan dari masyarakat, dan yang pasti merusak nama baik sendiri dan keluarga.

Selain kasus Mujianto, jagal manusia, siswa juga mendiskusikan kasus-kasus yang saat ini menjadi sorotan di media massa antara lain kasus pemerkosaan di angkutan kota, kasus Ariyani, tersangka kasus tabrakan di Tugu Tani, serta kasus korupsi Wisma Atlet.

Diskusi kajian masalah sosial aktual di masyarakat sebagaimana kasus Mujianto merupakan tradisi yang mulai dikembangkan di SMA Kosgoro. Hal tersebut setidaknya dapat memberikan stimulus pada siswa untuk tidak hanya mengetahui masalah sosial di masyarakat, namun dapat menganalisis dan memaparkan melalui kajian keilmuan. Berkaitan masalah sosial, kajian sosiologis yang dilakukan siswa menunjukkan kemampuan analisis siswa yang cukup baik, setidaknya dalam rangka mengembangkan logika berpikir siswa.  Dengan demikian setidaknya sekolah, dalam hal ini guru dapat memberikan stimulus belajar tidak hanya pada tingkatan teoritik namun juga tingkat analisis pada srata pengetahuan siswa. Sehingga siswa mampu menggunakan teori  untuk menganalisi fenomena di masyarakat dengan tepat dan benar.

Disisi lain hal itu juga dapat menumbuhkan tradisi kelimuan di tingkat siswa SMA untuk lebih peka, kritis, dan logik terhadap masalah sosial di masyarakat. Selain itu juga mampu mengembangkan kepercayaan diri siswa dalam  memaparkan hasil analisis keilmuan. Bagaimanapun sebuah tradisi tidak mungkin begitu saja terjadi jika tidak dimulai, namun juga harus dikembangkan dan didukung. Jika tidak ingin tradisi itu mati dan menjadi sebuah cerita. Hal itu tak terkecuali  tradisi keilmuan. (AG)

 

Tambah komentar

Perhatian ! Dilarang memberikan komentar yang mencaci maki, asusila, berbau fornografi, mencemarkan nama baik dan melanggar hukum yang berlaku. Jika melanggar mohon maaf komentar Anda kami abaikan. Terimakasih.


Kode keamanan
Putar ulang

Warta Kosgoro

SMA Kosgoro Mendapat Akreditasi "A"

Selamat !, Hasil proses asesmen oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah pada tanggal 29-30 September 2010, SMA Kosgoro Kota Bogor kembali meraih peringkat Akreditasi "A" sesuai keputusan BAN S/M Provinsi Jawa Barat tanggal 09 Nov 2010. Hal ini membuktikan bahwa SMA Kosgoro Kota Bogor tetap TERDEPAN dan UNGGUL !... (Sumber berita : lihat disini..)

 
Libur Lebaran 1435 H

Bapak/Ibu Orang tua wali murid Kelas X, XI, dan XII 
SMA Kosgoro Bogor
di Bogor

Sehubungan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1435 H, diberitahukan bahwa :

 1.   Libur sekolah pada tanggal 20 Juli s/d  04 Agustus 2014
2.   Pada tanggal 05 Agustus 2014 siswa masuk sekolah menggunakan Baju Koko

Acara Halal-Bihalal


Keluarga besar SMA Kosgoro Bogor, mengucapkan

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H,
Mohon Maaf Lahir Batin
" kepada Bapak/Ibu Orang Tua Wali Siswa.


 

Login Form



Alih Bahasa

Indonesian English French German Italian Malay Portuguese Russian Spanish

Pengunjung

Ada 31 Tamu online

Go up